Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

Featured Slider Styles

Display Grid Slider

Grid Slider Styles

Display Trending Posts

Display Author Bio

Display Instagram Footer

Dark or Light Style

Kontributor

Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dalam Darah


Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dalam Darah


Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dalam Darah. Kolesterol sering dihubungkan dengan makanan yang berlemak. Makanan yang berlemak  tinggi sering dikaitkan dengan berkolesterol tinggi dan ini yang dituding sebagai biang berbagai penyakit. Total kolesterol yang disarankan tidak melebihi 200 mg/100ml darah. Tahukah saudara bahwa kolesterol ada yang jahat dan ada yang baik? Kolesterol terbagi atas dua jenis,yaitu :

  1. LOW DENSITY LIPOPROTEIN (LDL).
    Ini yang sering disebut kolesterol jahat karena dapat menempel pada dinding pembuluh darah. Bila terjadi penumpukan akan terjadi penyumbatan dalam arteri, karena  terjadi pengentalan dan pengerasan yang pada akhirnya menjadi “plak” dalam pembuluh darah yang disebut “Atheorosklerosis”. Penyumbatan yang terjadi pada pembuluh jantung menyebabkan sakit jantung dan bila dalam pembuluh darah ke otak akan menyebabkan stroke.
  2. HIGH DENSITY LIPOPROTEIN (HDL).
    Ini yang disebut kolesterol baik. Mengapa disebut baik? Karena mampu mengangkat kolesterol jahat dari pembuluh darah, mengembalikannya ke hati dan mengeluarkannya sebagai asam empedu.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dalam Darah

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara menurunkan kolesterol serta mencegah LDL yang tinggi dalam darah? Beberapa langkah dapat kita tempuh dengan cara:

  1. Mengatur menu makanan yang kita konsumsi. Jangan jadikan tubuh kita sebagai “tong sampah” dengan memasukkan semua makanan dengan sesukanya tanpa memperhatikan dampaknya di kemudian hari. yang paling utama adalah hindari makanan berkoleterol tinggi sumber kolesterol/lemak jenuh berlebih, seperti daging sapi, ayam, babi, kambing, hati, jeroan, kerang, udang, cumi, kuning telur, telur puyuh, minyak terhidrogenisasi, lemak trans, minyak tropis.
  2. Konsumsi sayur dan buah yang banyak. Karena jenis makanan penurun kolesterol ini mengandung serat yang tinggi dapat mencegah pengikatan lemak serta kaya vitamin dan tinggi anti oksidan.
  3. Konsumsi biji-ibiji-an seperti : biji bunga matahari, biji jali, biji anggur, biji Flaxseeds(dari bunga Flax. Biji ini selain berserat tinggi sangat kaya omega-3 jauh melebihi ikan salmon, yang sangat baik menurunkan kolesterol jahat (HDL) sekaligus mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh (jantung, otak, ginjal, dll) juga anti kanker.
  4. Konsumsi kacang-kacangan seperti, tempe, tahu, susu kedelai, kacang almond,kenari, kacang hijau, merah, hitam. selain kaya protein dan vitamin juga tinggi serat  dan HDL karena juga menung omega-3.
  5. Menjaga berat badan yang seimbang artinya mencegah obesitas karena dengan berat badan yang berlebih cenderung memiliki kolesterol serta trigliserida yang tinggi.
  6. Melakukan olah raga dengan teratur agar tidak terjadi penimbunan lemak dan kolesterol.
  7. Mengikuti pola makan Vegetarian karena makanan vegetarian berasal dari tumbuhan/ nabati sehingga jauh dari lemak jenuh yang lebih banyak dari hewani. Mengkonsumsi minyak zaitun extra virgin (belum dioksidasi), minyak kelapa virgin (VCO), yang walaupun berlemak tetapi lemak baik yang dapat membuang lemak jahat.
Unknown
0 Comments
Share This Post :

You Might Also Like

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[name=Linne Oliver] [img=https://lh3.googleusercontent.com/-BwApT_tMNwk/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAAA/BXBKy37ddXw/photo.jpg?sz=80] [description=The team after that incident and the two drivers were warned that they risked their future at the team if they damaged each other's cars out on track. For me to win here at a race where I loved watching Ayrton drive] (facebook=https://www.facebook.com/) (twitter=https://www.twitter.com/) (instagram=https://www.instagram.com/) (bloglovin=Blogvin Profile Url) (pinterest=Pinterest Profile Url) (tumblr=Tumblr Profile Url)