Langsung ke konten utama

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dalam Darah

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dalam Darah


Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dalam Darah. Kolesterol sering dihubungkan dengan makanan yang berlemak. Makanan yang berlemak  tinggi sering dikaitkan dengan berkolesterol tinggi dan ini yang dituding sebagai biang berbagai penyakit. Total kolesterol yang disarankan tidak melebihi 200 mg/100ml darah. Tahukah saudara bahwa kolesterol ada yang jahat dan ada yang baik? Kolesterol terbagi atas dua jenis,yaitu :

  1. LOW DENSITY LIPOPROTEIN (LDL).
    Ini yang sering disebut kolesterol jahat karena dapat menempel pada dinding pembuluh darah. Bila terjadi penumpukan akan terjadi penyumbatan dalam arteri, karena  terjadi pengentalan dan pengerasan yang pada akhirnya menjadi “plak” dalam pembuluh darah yang disebut “Atheorosklerosis”. Penyumbatan yang terjadi pada pembuluh jantung menyebabkan sakit jantung dan bila dalam pembuluh darah ke otak akan menyebabkan stroke.
  2. HIGH DENSITY LIPOPROTEIN (HDL).
    Ini yang disebut kolesterol baik. Mengapa disebut baik? Karena mampu mengangkat kolesterol jahat dari pembuluh darah, mengembalikannya ke hati dan mengeluarkannya sebagai asam empedu.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dalam Darah

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara menurunkan kolesterol serta mencegah LDL yang tinggi dalam darah? Beberapa langkah dapat kita tempuh dengan cara:

  1. Mengatur menu makanan yang kita konsumsi. Jangan jadikan tubuh kita sebagai “tong sampah” dengan memasukkan semua makanan dengan sesukanya tanpa memperhatikan dampaknya di kemudian hari. yang paling utama adalah hindari makanan berkoleterol tinggi sumber kolesterol/lemak jenuh berlebih, seperti daging sapi, ayam, babi, kambing, hati, jeroan, kerang, udang, cumi, kuning telur, telur puyuh, minyak terhidrogenisasi, lemak trans, minyak tropis.
  2. Konsumsi sayur dan buah yang banyak. Karena jenis makanan penurun kolesterol ini mengandung serat yang tinggi dapat mencegah pengikatan lemak serta kaya vitamin dan tinggi anti oksidan.
  3. Konsumsi biji-ibiji-an seperti : biji bunga matahari, biji jali, biji anggur, biji Flaxseeds(dari bunga Flax. Biji ini selain berserat tinggi sangat kaya omega-3 jauh melebihi ikan salmon, yang sangat baik menurunkan kolesterol jahat (HDL) sekaligus mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh (jantung, otak, ginjal, dll) juga anti kanker.
  4. Konsumsi kacang-kacangan seperti, tempe, tahu, susu kedelai, kacang almond,kenari, kacang hijau, merah, hitam. selain kaya protein dan vitamin juga tinggi serat  dan HDL karena juga menung omega-3.
  5. Menjaga berat badan yang seimbang artinya mencegah obesitas karena dengan berat badan yang berlebih cenderung memiliki kolesterol serta trigliserida yang tinggi.
  6. Melakukan olah raga dengan teratur agar tidak terjadi penimbunan lemak dan kolesterol.
  7. Mengikuti pola makan Vegetarian karena makanan vegetarian berasal dari tumbuhan/ nabati sehingga jauh dari lemak jenuh yang lebih banyak dari hewani. Mengkonsumsi minyak zaitun extra virgin (belum dioksidasi), minyak kelapa virgin (VCO), yang walaupun berlemak tetapi lemak baik yang dapat membuang lemak jahat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar menu buah untuk buka puasa

Daftar menu buah untuk buka puasa, Buah merupakan hidangan yang umum bagi semua orang di saat buka puasa, ada yang untuk hidangan pembuka, penutup dan bahkan ada juga sebagai hidangan utama bagi yang melakukan diet.

Daftar menu buah untuk buka puasa

Langsung saja inilah 5 Daftar menu buah untuk buka puasa, yang akan membuat buka puasa anda lebih berwarna

1.   Es Buah
Pasti semua sudah tahu kan kalau es yang satu ini? Yups…Es buah adalah minuman yang di dalamnya berisikan buah-buahan segar ditambah dengan bahan lain seperti sirup serta bahan penambah misalnya santan, gula, susu, atau yang lainya. Pada umumnya es buah digunakan sebagai hidangan pembuka untuk buka puasa.

2.   Jus Buah
Jus merupakan hidangan yang mungkin paling banyak disukai untuk menu buka puasa. Selain praktis dan mudah membuatnya, jus merupakan cara efektif dalam mengkonsumsi buah tanpa mengurangi kandungan nutrisi buah itu sendiri. Untuk menu buka puasa tentu jus buah yang akan anda buat disesuaikan dengan selera dan…

maleficent full streaming movie

Cara Bijak Dalam Memilih Menu Diet

Cara Bijak Dalam Memilih Menu Diet. Memiliki tubuh langsing bak Jennifer Hudson membuat kita terpaksa harus menahan diri dari segala macam godaan makanan lezat yang menggugah selera. Padahal, menyantap makanan di restoran bukanlah satu-satunya faktor  yang dapat menyebabkan berat badan kembali naik.

Diet yang sehat dan benar tetap mengacu pada kebutuhan jumlah kalori harian tubuh, yakni sekitar 1500-1800 atau tergantung pada kebutuhan energi tubuh dalam menjalankan aktivitas.

Cara Bijak Dalam Memilih Menu Diet Lebih bijaklah dalam memilih menu, tidak ada salahnya memperhatikan hal-hal berikut ini guna memaksimalkan diet Anda:
Porsi yang pas.
Saat makan di restoran sebaiknya pilih menu dalam porsi kecil. Jika tidak tersedia dan terpaksa harus memilih porsi besar, makanlah bersama teman atau keluarga.Hindari mengkonsumsi saus secara berlebihan.
Umumnya saus memiliki kadar lemak yang tinggi, terutama saus yang mengandung minyak, mentega atau krim. Pilih saus yang kadar lemaknya rendah, mis…