Langsung ke konten utama

Khasiat dan Manfaat Buah Acerola untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Buah Acerola untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Buah Acerola untuk Kesehatan, Mungkin Buah acerola kurang familiar  terdengar di telinga karena jarang ada disekitar kita. Acerola merupakan salah satu buah yang berasal dari pedalaman hutan Amazon di Amerika Selatan. Buah acerola mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi, dan melebihi kandungan vitamin C yang ada dalam buah jeruk.

Kandungan Buah Acerola

Acerola memiliki nama lain Cherry Barbados atau Malphigia emarginata ini juga memiliki kandungan lainnya, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, protein, magnesium, fosfor, kalium, dan lain sebagainya. Apabila Anda mau menilik sejarahnya, buah ini memang terkenal digunakan sebagai tanaman kesehatan dalam ramuan obat-obatan selama ratusan tahun di tempat asalnya, pedalaman hutan Amazon di Amerika Selatan. Bahkan buah ini juga cukup populer di Eropa.

Dari banyaknya kandungan yang dimilikinya, buah acerola tentunya memiliki manfaat tertentu apabila dikonsumsi. Berikut berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi buah acerola, antara lain :

1. Sebagai Sumber Antioksidan

Manfaat buah acerola yang pertama ialah sebagai sumber antioksidan. Hal ini dikarenakan kandungan tinggi manfaat vitamin C yang dimilikinya. Sebuah penelitian pernah menunjukkan bahwa kandungan asam askorbat 2-fosfat yang dibawa oleh vitamin C tidak hanya menetralkan radikal bebas, tetapi juga dapat memperbaiki kerusakan DNA dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu kulit tubuh dalam proses penyembuhan luka.

2. Sebagai Sumber Energi

Buah acerola berguna sebagai sumber energi. Hal ini dikarekan kandungan karbohidrat dan mangan yang dimilikinya. Kombinasi kandungan tersebut dapat membantu tubuh menghasilkan energi ekstra sehingga Anda akan selalu tampak segar dan bugar ketika sedang beraktivitas.

3. Pembentukan dan Pemeliharaan Kolagen

Buah acerola digunakan sebagai pembentuk dan pemeliharaan kolagen di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan asam askorbat yang dibawa oleh vitamin C dalam buah acerola tersebut. Kandungan ini merupakan kunci utama untuk memproduksi kolagen dalam tubuh sebagai sumber protein yang dapat menjadi kulit sehat dan kencang, sehingga tidak mudah kendur atau mengalami penuaan dengan cepat.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah acerola mampu menjaga kesehatan kulit. Sebagaimana telah disinggung dalam poin 3 bahwa buah acerola dapat menjadikan kulit sehat dan kencang. Namun secara lebih detailnya, kolagen yang telah dihasilkan karena mengkonsumsi buah acerola dapat berkombinasi bersama elastin untuk menjaga kesehatan kulit. Yang mana, kombinasi tersebut dapat menghasilkan kekenyalan, kekuatan, dan kelenturan pada kulit. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah acerola juga dapat mencerahkan kulit dengan menyebarkan pigmen-pigmen menjadi lebih merata.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah acerola mampu menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang dimilikinya. Kandungan tersebut dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan metabolisme tubuh sehingga apabila sistem pencernaan lancar, maka dengan kata lain, kesehatan pencernaan pun terjaga. Selain itu, kandungan serat juga dikenal dapat mencegah terjadi sembelit karena pencernaan dan metabolisme tubuh yang tidak lancar.

6. Menjaga dan Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat buah acerola yang keenam ialah menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan tinggi vitamin C yang dimilikinya. Bahkan sistem imunitas tubuh akan semakin terjaga dan meningkat dengan adanya kombinasi antara vitamin C dan kandungan lainnya yang dimiliki oleh buah acerola sendiri, seperti vitamin A dan B kompleks. Sedemikian sehingga tubuh pun akan semakin kebal dari berbagai serangan penyakit, terutama penyakit yang mudah menular karena disebabkan oleh virus atau bakteri seperti flu.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Buah acerola juga akan menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A yang dimilikinya. Sebagaimana diketahui bahwa vitamin A memang baik manfaatnya dalam menjaga kesehatan mata.
sponsored links

8. Mencegah Penyakit Kanker

Hal ini dikarenakan kandungan antosianin yang dimilikinya. Zat ini merupakan salah satu jenis molekul flavonoid yang secara medis memang dapat membantu mencegah bahkan menyembuhkan penyakit kanker.

Adapun penyakit lainnya yang dapat dicegah ataupun disembuhkan dengan kandungan ini ialah diabetes, penyakit fibrokistik, peradangan, infeksi bakteri, dan gangguan neurologis. Khusus untuk kasus peradangan, antosianin biasanya akan berkombinasi dengan vitamin B yang juga terdapat dalam buah acerola. Yang mana, vitamin B sendiri sebenarnya dapat menjaga tubuh dari peradangan dalam maupun luar.

9. Mencegah Penyakit Saraf Otot

Buah acerola mencegah penyakit saraf otot. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang dimilikinya. Kandungan tersebut dapat membantu tubuh dalam pembentukan hemoglobin secara cepat sehingga menjadikan pertahanan tubuh pun semakin kuat, termasuk dalam mencegah penyakit saraf otot. Selain itu, kandungan zat besi ini juga dapat membantu memperlancar metabolisme dan menstabilkan suhu tubuh.

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah acerola selanjutnya ialah menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium yang dimilikinya. Sebagaimana telah diketahui banyak orang bahwa kalsium memang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kalsium juga dapat menguatkan lapisan gigi secara berkala.

11. Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru

Buah acerola akan memberikan kesehatan jantung dan paru-paru. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B yang dimilikinya, di mana kandungan vitamin tersebut dalam buah acerola hampir mendekati kompleks dengan hanya minus vitamin B12 (kandungan vitamin B dalam buah acerola: B1, B2, B3, B6, B9). Selain itu, jantung dan paru-paru juga akan terjaga sehat karena kandungan tinggi vitamin C yang dimiliki oleh buah acerola sendiri.

Sebagaimana diketahui bahwa mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi, termasuk buah acerola, dapat mencegah penyakit kardivaskuler. Bahkan sebuah penelitian juga membuktikan bahwa kandungan vitamin C dapat menjaga kesehatan rambut sehingga terhindar dari kerusakan, baik kerusakan dari dalam maupun luar.
Penelitian tentang Buah Acerola

Demikian berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari buah acerola.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar menu buah untuk buka puasa

Daftar menu buah untuk buka puasa, Buah merupakan hidangan yang umum bagi semua orang di saat buka puasa, ada yang untuk hidangan pembuka, penutup dan bahkan ada juga sebagai hidangan utama bagi yang melakukan diet.

Daftar menu buah untuk buka puasa

Langsung saja inilah 5 Daftar menu buah untuk buka puasa, yang akan membuat buka puasa anda lebih berwarna

1.   Es Buah
Pasti semua sudah tahu kan kalau es yang satu ini? Yups…Es buah adalah minuman yang di dalamnya berisikan buah-buahan segar ditambah dengan bahan lain seperti sirup serta bahan penambah misalnya santan, gula, susu, atau yang lainya. Pada umumnya es buah digunakan sebagai hidangan pembuka untuk buka puasa.

2.   Jus Buah
Jus merupakan hidangan yang mungkin paling banyak disukai untuk menu buka puasa. Selain praktis dan mudah membuatnya, jus merupakan cara efektif dalam mengkonsumsi buah tanpa mengurangi kandungan nutrisi buah itu sendiri. Untuk menu buka puasa tentu jus buah yang akan anda buat disesuaikan dengan selera dan…

maleficent full streaming movie

Cara Bijak Dalam Memilih Menu Diet

Cara Bijak Dalam Memilih Menu Diet. Memiliki tubuh langsing bak Jennifer Hudson membuat kita terpaksa harus menahan diri dari segala macam godaan makanan lezat yang menggugah selera. Padahal, menyantap makanan di restoran bukanlah satu-satunya faktor  yang dapat menyebabkan berat badan kembali naik.

Diet yang sehat dan benar tetap mengacu pada kebutuhan jumlah kalori harian tubuh, yakni sekitar 1500-1800 atau tergantung pada kebutuhan energi tubuh dalam menjalankan aktivitas.

Cara Bijak Dalam Memilih Menu Diet Lebih bijaklah dalam memilih menu, tidak ada salahnya memperhatikan hal-hal berikut ini guna memaksimalkan diet Anda:
Porsi yang pas.
Saat makan di restoran sebaiknya pilih menu dalam porsi kecil. Jika tidak tersedia dan terpaksa harus memilih porsi besar, makanlah bersama teman atau keluarga.Hindari mengkonsumsi saus secara berlebihan.
Umumnya saus memiliki kadar lemak yang tinggi, terutama saus yang mengandung minyak, mentega atau krim. Pilih saus yang kadar lemaknya rendah, mis…